LPPM STAI Muhammadiyah Klaten: “Pendidikan Muhammadiyah itu Memanusiakan Manusia”

Klaten – (22/9/2022) Memahami muhammadiyah dan pendidikannya sangat penting bagi para mahasiswa, khususnya di STAI Muhammadiyah Klaten. Hal ini disampaikan oleh Sulistiyono Shalladin Albany, M.Pd selaku Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STAI Muhammadiyah Klaten dalam kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru dan Masa Ta`aruf (Osmaru-Masta) tahun 2022 yang dimoderatori oleh Angga Prasetyawan.

Penyampaian materi mengenai pemahaman tentang muhammadiyah dan pendidikannya diharapkan mampu mengenalkan kepada mahasiswa baru seputar kemuhammadiyahan. Hal ini juga menjadi sebuah pembentukan karakter yang bisa diambil dari sifat muhammadiyah itu sendiri.

Pada kesempatan ini pula disampaikan oleh Albany mengenai sifat Muhammadiyah yang diambil dari kepribadian Muhammadiyah. Di antara sifat-sifat tersebut, Beliau menyebutkan, pertama, beramal dan berjuang untuk perdamaian dan kesejahteraan. Kedua, memperbanyak kawan dan mengamalkan ukhuwah Islamiyah. Ketiga, lapang dada, luas pemandangan dengan memegang teguh ajaran Islam. Adapun keempat, yakni bersifat keagamaan dan kemasyarakatan.

Selain itu, Beliau juga menyampaikan mengenai ontologi pendidikan bahwa, “Hakikat pendidikan itu memanusiakan manusia, dan pendidikan Muhammadiyah itu bersifat integralistik yang mana semua ilmu dikelola dan bermanfaat.” ujar Albany. Hal ini menunjukkan bahwa sejatinya tidak ada dikotomi bahkan trikotomi keilmuan, semua berdialog dan bersinergi demi kemashalahatan umat.

Kegiatan Masta digelar oleh Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PK IMM) STAI Muhammadiyah Klaten dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). STAI Muhammadiyah merupakan perguruan tinggi yang serius melahirkan pendidik unggul dan berperan nyata dalam mencerdaskan bangsa.

Humas Masta:
Alifah Novia Rahmadania
Febriyani
Ferdy Maryanto