Serba Serbi Seputar Kuliah di Luar Negeri

Kuliah di luar negeri menjadi mimpi bagi banyak orang. Dengan kuliah di luar negeri, Anda akan bisa mendapatkan banyak hal yang tidak bisa Anda dapatkan jika hanya berkuliah di dalam negeri.

Kuliah di luar negeri bahkan menjadi tantangan bagi sebagian orang. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari standar pembelajaran yang tentu di atas standar pembelajaran Indonesia. Selain itu, dengan melanjutkan pendidikan di luar negeri, ini berarti Anda mau berusaha untuk keluar dari zona nyaman.

Selain menjadi tantangan, tidak sedikit orang yang menjadikan sekolah di luar negeri sebagai salah satu tujuan hidup. Menariknya, tidak cuma orang biasa yang memiliki tujuan seperti ini, melainkan juga beberapa artis ternama. Contohnya saja Maudy Ayunda dan Gita Gutawa.

Keuntungan memilih kuliah di luar negeri

Hari ini, kita hidup di tengah globalisasi dunia. Meraih gelar di luar negeri dapat memberikan banyak manfaat untuk karir, masa depan, dan pengembangan pribadi Anda.

Berikut adalah beberapa dari banyak keuntungan memilih untuk belajar di luar negeri.

  1. Memulai karir dengan keterampilan yang lebih baik

Lulusan yang pernah belajar di luar negeri memiliki nilai lebih bagi perusahaan. Memilih untuk belajar di luar negeri menunjukkan kepada pemberi kerja bahwa Anda memiliki keberanian, fleksibilitas, kesadaran budaya dan menunjukkan pemahaman tentang bagaimana orang lain bekerja dan berpikir. 

  1. Menguasai bahasa asing

Penelitian telah menunjukkan bahwa salah satu cara terbaik untuk menjadi fasih dalam suatu bahasa adalah menggunakan bahasa tersebut sehari-hari yang membantu Anda memahami budaya lokal. 

Pada awalnya, hidup, belajar, dan bekerja dalam bahasa lain mungkin terasa sulit. Akan tetapi Anda seiring berjalannya waktu Anda akan terbiasa untuk berkomunikasi dalam bahasa asing.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Belajar di Luar Negeri

Sebelum Anda memutuskan untuk belajar di luar negeri, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan dan perhatikan, seperti;

  • Biaya hidup yang tergolong mahal

Walaupun soal biaya hidup memang tergantung gaya hidup individu, tetapi tetap saja untuk biaya hidup di luar negeri membutuhkan dana ekstra. Hal ini tidak lepas dari pengaruh kurs dan juga pendapatan perkapita di negara tempat Anda memilih untuk melanjutkan studi.

Soal biaya studi, Anda dapat meringan beban Anda dengan mendapat beasiswa kuliah di luar negeri. Informasi mengenai beasiswa kuliah di luar negeri saat ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di internet karena sudah banyak situs yang menyediakan program ini. Salah satunya adalah KampusYuk. 

 Perlu waktu ekstra untuk adaptasi budaya 

Ketika Anda memutuskan untuk melanjutkan studi ke negara lain, kemungkinan besar Anda belum sepenuhnya memahami kebiasaan dan budaya warga setempat. Bisa jadi, hal yang Anda anggap normal malah dianggap tabu bagi warga negara tersebut. Anda perlu beradaptasi pada budaya negara tempat Anda melanjutkan studi, dan hal tersebut tentu memakan waktu. 

Tips Mempersiapkan Kuliah di Luar Negeri

Bagi Anda yang mempunyai mimpi untuk melanjutkan studi ke luar negeri, Berikut beberapa cara kuliah di luar negeri yang dapat Anda lakukan;

  1. Mengumpulkan Informasi

Anda dapat mengumpulkan informasi seputar beasiswa kuliah di luar negeri, mengikuti program pertukaran pelajar, atau Anda dapat mengakses laman KampusYuk. KampusYuk dapat membantu Anda mewujudkan mimpi Anda melanjutkan studi ke luar negeri. 

Berikut beberapa universitas yang tim KampusYuk rekomendasikan, apabila Anda memilih melanjutkan studi ke luar negeri;

  1. Coventry University
  2. SP Jain
  3. CQU
  4. Mencari Beasiswa

Untuk Anda yang menginginkan beasiswa kuliah di luar negeri, Anda dapat mencoba berbagai beasiswa, bentuknya ada berbagai macam. Ada yang dikhususkan bagi mereka yang kurang mampu secara ekonomi, beasiswa prestasi, hingga beasiswa untuk studi S2 dan S3. 

Jenisnya juga berbagai macam. Ada yang berupa short course (3 bulan) sampai dengan full bachelor/master program. Begitupun untuk jumlahnya, ada yang jenisnya partial (potongan/subsidi sebagian uang kuliah), full scholarship untuk tuition fee saja, dan juga beasiswa yang didalamnya sudah termasuk biaya hidup.

Tingkat kesulitan untuk mendapatkan beasiswa yang nantinya akan Anda hadapi pun beragam. Mulai dari yang memiliki persyaratan mudah sampai dengan cukup banyak dan panjang prosesnya. Persyaratan beasiswa kuliah di luar negeri bervariasi. Universitas di luar negeri bisa saja menawarkan beasiswa yang berbeda  bagi setiap jurusan.

“https://kampusyuk.com/artikel/serba-serbi-seputar-kuliah-di-luar-negeri-99”