Belajar Online : Solusi Belajar di Luar Sekolah

Pandemi COVID-19 memaksa para pelajar untuk beradaptasi dengan belajar online atau belajar di rumah. Hal ini selaras peraturan pemerintah yang masih melarang kelas tatap muka. Sehingga, belajar secara daring menjadi alternatif bagi para pelajar dan tenaga pengajar di Indonesia.

 

Walaupun belajar online, tetapi materi yang disampaikan tetap sama bobotnya dengan kelas tatap muka. Berikut beberapa keuntungan yang didapat jika memilih belajar secara daring;

 

Mudahnya Akses Informasi

Dengan adanya belajar secara online, siswa dapat mencatat bahan pelajaran tanpa terbatas jarak pandang, karena infornasi yang ada umumnya berbentuk data, bukan lagi tulisan di papan. 

 

Hemat Biaya

Pembelajaran online memberikan keringanan seputar biaya, khususnya biaya transportasi.

 

Fleksibilitas Tinggi

Belajar secara daring memungkinkan Anda tetap belajar saat waktu Anda sedang luang. Jadi Anda dapat bekerja sekaligus belajar di hari yang sama. 

 

Namun, belajar secara online juga memiliki beberapa kekurangan, seperti;

 

Akses Internet yang Terbatas dan Tidak Merata

Akses internet yang tidak stabil atau terganggu kerap menjadi masalah untuk sistem belajar online, dan dapat mengganggu proses pembelajaran yang sedang berlangsung.

 

Minimnya Pengawasan Dalam Belajar

Pembelajaran daring juga memiliki kelemahan dalam hal pengawasan. Karena terbatasnya akses kamera, siswa dapat dengan mudah melakukan kecurangan. Disisi lain, siswa juga kerap tidak fokus dan terlalu santai saat pembelajaran berlangsung. 

 

Saat ini, pemerintah Indonesia telah berdedikasi dalam memfasilitasi siswa untuk belajar secara online. Berikut beberapa aplikasi belajar online dari pemerintah yang dapat Anda gunakan secara gratis;

Rumah Belajar

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merilis sebuah situs belajar daring yang dapat diakses secara gratis. Laman ini dapat digunakan oleh peserta didik maupun pendidik di berbagai jenjang, mulai dari PAUD hingga SMA/SMK. Terdapat beragam fitur menarik yang bisa Anda manfaatkan seperti buku sekolah elektronik, bank soal, kelas maya, laboratorium maya, hingga pengembangan keprofesian. 

DuoLingo

Bagi Anda yang ingin mempelajari berbagai bahasa asing di seluruh dunia, DuoLingo adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Situs ini menyediakan beragam video atau streaming sehingga Anda dapat belajar secara langsung bersama penutur asli. Anda bisa memperhatikan logat yang digunakan serta cara pengucapan kata dalam bahasa asing tersebut.

Agar lebih menantang, DuoLingo juga menyediakan latihan menerjemahkan, membaca, serta mendengar materi yang telah dipelajari. Ada pula latihan soal berupa pilihan ganda yang disertai penilaian sehingga Anda bisa mengetahui jawaban benar atau salah.

Bimbel SMARRT

Bimbel SMARRT merupakan situs belajar online yang secara khusus menyediakan pembelajaran sains. Anda bisa berbagai video untuk mata pelajaran sains seperti Matematika, Kimia, dan Fisika. Selain video materi belajar, Anda juga bisa memanfaatkan video pembahasan soal untuk memperdalam setiap materi yang disampaikan.

Selain itu, ada juga situs belajar online gratis milik swasta, diantaranya; 

 

Brainly

Platform ini terbilang seru dan interaktif karena Anda bisa mengajukan berbagai pertanyaan yang akan dijawab komunitas pengguna. 

Ada tab untuk subjek History, Math, Language, Social Studies, SAT, dan pertanyaan ilmu pengetahuan umum lainnya. 

Udemy

Situs belajar online Udemy memberi fasilitas kursus desain grafis yang terbagi ke beberapa kategori. Anda dapat dengan leluasa memilih kursus mendesain logo, karakter, melukis dalam bentuk digital, dan banyak lagi. 

Setiap kategori ini juga punya beberapa modul atau materi yang bisa Anda pelajari dengan membayar sekitar 140 ribu rupiah.

Ruangguru

Nama Ruangguru cukup dikenal bagi siswa di Indonesia.. 

Di situs ini Anda bisa pilih beberapa program seperti les online, ruang uji, atau ruang les. Ruang Les menawarkan fasilitas guru privat yang akan membantu Anda belajar dengan mendatangkan guru ke tempat dan waktu yang sudah Anda tentukan. 

Detil yang diperhatikan ruangguru bahkan sampai ke range harga yang diinfokan di situs, cakupan area tinggal, hingga preferensi gender guru untuk pelajar setingkat TK hingga Universitas.