Kiai Tafsir: “Dakwah Muhammadiyah Harus Kreatif!”

Klaten – (10/10/22) Tidak hanya Islam, semua agama memiliki dilemanya masing-masing. Terutama menjaga agar ajaran tetap relevan seiring berkembangnya waktu dan tempat. Problem dalam membumikan pesan-pesan ajaran pokok sebagaimana normatif menuju ranah realitas yang aktual kerap menemui kesenjangan. Pesan-pesan tersebut di antaranya menjadi menarik sebagaimana disampaikan oleh Dr. K.H. Tafsir, M.Ag. saat mengisi kegiatan Stadium General di STAI Muhammadiyah Klaten pada Senin, 10 Oktober 2022.

Perlunya Tafsir Alternatif!

Stadium General merupakan kegiatan rutin STAI Muhammadiyah Klaten dalam menyambut awal ajaran dan mahasiswa baru setiap tahunnya. Stadium General tahun ini mengangkat tema “Islam dan Dilema Kehidupan Kekinian”. Tema ini diusung mengingat semakin kaburnya antara ajaran Islam menghadapi gempuran globalisasi. Pada satu sisi, umat Islam berkeyakinan bahwa ajaran normatif senantiasa aktual, namun pada sisi yang lain problem aktual yang tidak ditemukan pada masa lalu seringkali membuat gagap dalam upaya meresponnya. Adapun peserta kegiatan ini tidak hanya mahasiswa baru saja melainkan seluruh civitas akademika STAI Muhammadiyah Klaten.

“Dalam menghadapi dilema ini (kesenjangan normatif dan historis), maka diperlukan tafsir alternatif sebagai irsyad dalam menghadapi problem-problem kekinian dalam dilema. Di samping itu, kita juga memerlukan politik kekuasaan (substansial) dalam gerakan amar ma’ruf nahi munkar.” Ujar Kiai Tafsir.

Dakwah Muhammadiyah Harus Kreatif!

Pada kesempatan kali ini, tidak lupa juga Kiai Tafsir memberi pesan agar dakwah Muhammadiyah disampaikan dengan cara yang kreatif. Beliau mengkritik rigidnya cara dakwah Muhammadiyah yang sebagiannya masih kaku dengan apa yang menjadi ketertarikan khalayak luas. “Ustadz-nya kok galak-galak. Ambil gitar saja langsung ditegur dengan kullu bid’atin dholalah.” Tambahnya.

Kegiatan Stadium General kali ini dipenuhi dengan banyak mahasiswa STAI Muhammadiyah Klaten. STAI Muhammadiyah Klaten begitun serius dalam mencetak pendidik unggul dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang menambah motivasi para mahasiswanya dalam menyelesaikan studinya. Hal ini menjadi bukti bahwa STAI Muhammadiyah Klaten merupakan perguruan tinggi yang unggul dan berperan nyata dalam menjalankan proses pendidikan tinggi yang mampu merespon segala zaman.