Mudahnya Menjadi Guru PAI

Oleh: S.S. Albany, M.Pd

Tak terbayangkan satu cita menjadi guru PAI dan selamanya akan menjadi pendidik PAI di manapun berada. Sebuah asa yang akan terus dicapai, sebuah cinta yang akan tersemai dalam perjalanan hidup. Cita-cita yang akhirnya sekarang banyak manusia menginginkannya. Karir yang sejatinya menjadi bekal amal kehidupan di dunia akhirat.

Itulah guru PAI, sebuah karir praktisi yang tidak akan pernah disesali sepanjang hidup. Dan saya yakin semua orang merasakan itu, dan hanya jika ia guru yang sejati. Jika di bilang apa mudahnya menjadi guru PAI? Iya ya apa juga ya… tapi jika ditanya kembali apa mudahnya menjadi guru PAI? Yang membuat mudah menjadi guru PAI adalah mudah mengajarkannya.

Setiap kita adalah muslim dan setiap muslim pasti bisa mengajarkan PAI. Kita ini punya anak, ajari mereka tentang ibadah akhirnya kita menjadi guru PAI. Kita punya saudara belum bisa membaca Al-Qur’an, ajari mereka baca Al-Qur’an, akhirnya kita menjadi guru PAI. Kita ini punya tetangga sedang butuh pertolongan, menolong mereka tanpa pamrih akhirnya kita menjadi guru PAI. Kita ini punya apapun dan siapa pun itu dan kita beramal untuk itu semua akhirnya kita menjadi guru PAI. Jadi jika ditanya kembali apa mudahnya menjadi guru PAI? Yang membuat mudah menjadi guru PAI adalah mudah dipelajarinya.

Kita ini jadi guru mata pelajaran apapun selain PAI sudah menjadi keharusan untuk bisa ilmu PAI. Dalam praktik pembelajaran sekarang sudah tidak menarik lagi jika mengajarkan apapun tanpa dibumbui oleh materi PAI. Pembelajar IPA lebih menarik jika dikaitkan dengan materi Aqidah tentang Sang Pencipta, pembelajaran IPS lebih menarik jika dikaitkan dengan materi Akhlak bermasyarakat, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Inggris dan Jawa lebih menarik jika dikaitkan dengan materi akhlak bertutur kata, Pembelajaran Matematika lebih menarik jika dikaitkan dengan materi fikih muamalah, Pembelajaran PPKN lebih menarik dikaitkan dengan materi Tarikh dan Akhlak Bernegara, Pembelajaran seni dan prakarya lebih menarik dikaitkan dengan materi tarikh tentang budaya Islam, Pembelajaran Penjaskorkes lebih menarik dikaitkan dengan ayat Al-Qur’an dan Hadits tentang kesehatan jasmani dan ruhani. Semua akan menarik jika seluruh mata pelajaran dikaitkan dengan PAI dan saya yakin sangat mudah dipelajari oleh guru mapelnya dan akhirnya semuanya pun menjadi guru PAI dengan mudah.

Apa susahnya menjadi guru PAI? Yang susah itu kita sendiri bilang ini susah itu susah, ya akhirnya menjadi guru PAI yang susah. Allah swt memberikan kerahmatan lil alamin dalam Agama Islam sampai dalam aspek pengembangan sumber daya manusia. Sampai-sampai mudah sekali untuk menjadi guru PAI, siapapun bisa menjadi guru PAI asal dia seorang muslim. Bisa dibuktikan dari banyaknya calon mahasiswa sekarang yang memilih kuliah PAI karena memang menjadi Guru PAI itu mudah. Pun juga bisa dibuktikan dengan banyaknya calon guru PAI yang dengan semangatnya ingin menawarkan diri untuk mengabdi sebagai guru PAI walaupun asa itu belum mendapatkan tempatnya. sekali lagi karena menjadi guru PAI itu mudah.

Sejatinya apa yang bisa diambil hikmah dari menjadi guru PAI itu mudah? Bahwa mengajarkan agama Islam itu menjadi bagian kewajiban kita setiap muslim dan itu pasti bisa kita lakukan. Kemudahan itulah yang membuat agama Islam ini menjadi agama yang Rahmatan lil’Alamin. Apa jadinya jika kita yang sudah menjadi guru PAI atau mantan guru PAI atau yang sedang mengajarkan calon guru PAI mengatakan bahwa menjadi guru PAI itu sulit? Entahlah apa yang terjadi, yang jelas menjadi guru PAI itu mudah.